Tutorial Microsoft Access Cara Menciptakan Form Di Ms Access

Untuk totorial microsoft access penulis akan share cara menciptakan form beserta fungsi tombol-tombol standart yang biasanya di temui dalam form aplikasi access, menyerupai contohnya fungsi dari tombol tambah field, tombol save field, tombol edit field, tombol delete field, tombol print data dan tombol close. Pada artikel sebelumnya juga sudah dijelaskan mengenai pengertian access itu sendiri, cara menciptakan database access, membuat query access, jadi jikalau rekan belum paham pastikan untuk membaca artikel perihal tutorial access sebelumnya.

Makara untuk menciptakan form dalam access ada beberapa hal yang harus rekan lakukan, pertama sudah menciptakan database dan tabel dari ms access jikalau belum tahu caranya dapat membaca artikel sebelumnya perihal cara menciptakan database dan tabel di access, jikalau sudah selajutnya atau yang kedua rekan sudah menciptakan query access, meskipun ini tidak harus tapi setidaknya rekan sudah dapat membuatnya. Oke jikalau sudah pribadi ke tutorial utama cara menciptakan form di ms access.

Tutorial Microsoft Access Cara menciptakan Form di Ms Access

1. Silahkan buka database dan tabel yang sudah pernah rekan bikin sebelumnya menggunakana ms access
2. Kemudian pilih hidangan Create >> Form Wizard, maka akan tampil halaman menyerupai ini

3. Pada bab Tables/Queries rekan pilih salah satu, jikalau ingin mengambil data dari tabel berarti pilih tabel, namun jikalau ingin mengambil data dari query berarti pilih query.

4. kemudian masukkan semua field yang ada di query ataupun tabel yang rekan pilih tadi dengan dengan menekan tombol >> kemudian pilih tombol Next untuk melanjutkan, detail menyerupai ini :

5. Selanjutnya rekan akan dihadapkan dengan pilihan form desagn yang ingin digunakan, misal disini saya pilih yang mode columnar "standart" dan klik Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

6. Setelah itu akan tampil untuk pengisian judul form yang akan dipakai pada pilhan What title... kemudian klik tombol Finish untuk mengakhiri.

Disini rekan sudah dapat menciptakan form di access, selanjutnya biasanya dalam form aktivitas aplikasi database diharapkan tombol perintah yang biasa dipakai untuk menambah, mengedit, menghapus ataupun mencetak halaman field yang sudah ada.

Menambahkan Perintah (Tambah, Simpan, Hapus dan Print) dengan Button di Ms Access
1. Rekan pilih form yang akan ditambahkan perintahnya, kemudian pilih hidangan View >> Design View, menyerupai ini

2. Pada bab Form Design Tool, pilih tab hidangan Design >> Button, maka akan muncul tampilan menyerupai ini

3. Selanjutnya pilih pada bab Record Operations >> Add New Record untuk menambahkan perintah "Tambah/Add" field. kemudian klik tombol Next

4. Maka akan dihadapkan untuk tambilan button yang ingin rekan tampilkan, disini ada 2 mode biasanya yang pertama Text biasa dan yang kedua mode gambar, misal disini saya pilih yang mode text saja dengan mengisikan perintah "TAMBAH"

5. Kemudian klik tombol Finish, buatlah perintah standart dari button sampai jadinya menyerupai ini

Ulangi cara no 2 diatas, untuk menciptakan perintah Simpan "Save Record", Hapus "Delete Record", dan Close menyerupai langkah diatas, namun untuk perintah "print preview" pilih categories Report Operations >> Preview Report.

Dan untuk menjalankan apakah fungsi tombol (tambah, hapus, simpan, print preview dan close) sudah berjalan dengan normal atau tidak rekan dapat mengetesnya melalui View >> Form View.

0 Response to "Tutorial Microsoft Access Cara Menciptakan Form Di Ms Access"

Posting Komentar